Buruan Beli Toyota RAV4 EV Terakhir

Tiga tahun lalu Toyota dan Tesla Motors sepakat kerjasama untuk memproduksi 2.600 unit Toyota RAV4 EV. Unit terakhir dari satu-satunya SUV bertenaga listrik itu telah selesai diproduksi. RAV4 EV mengkombinasikan semua kelebihan sebuah SUV yang praktis dan nyaman dengan efisiensi mobil listrik.

Dengan berakhirnya produksi crossover listrik ini, kesempatan untuk mendapatkan dalam kondisi baru dan segar kini sangat terbatas. Menurut laman gas2.org, saat ini sekitar 2.130 unit RAV4 EV sudah berada di garasi pemiliknya masing-masing. Sekitar 67 unit digunakan sebagai mobil display ataupun mobil tes. Jadi yang masih tersisa adalah 300-an unit.

Jantung Toyota RAV4 EV adalah sistem penggerak elektrik buatan Tesla Motors. baterai yang bisa menyimpan energi listrik hampir 42kWh bisa membawa mobil ini menempuh jarak 190km. Kemampuan ini jauh melampaui mobil listrik lain kecuali Tesla Model S yang harganya jauh lebih mahal.

Dalam model pengendaraan ‘Sport’ RAV4 EV bisa melesat dari 0 – 60mph dalam waktu sekitar 7 detik dan terus melaju hingga top speed 160 km/jam. Motor listriknya bisa menciptakan torsi hingga 278 lb-ft dan 154 hp. Sementara pada model pengendaraan ‘Normal’ torsinya lebih kecil 218 lb-ft. Mode pengendaran ‘Sport’ dipakai saat menyalip mobil lain dijalan tol, sementara ‘Normal’ lebih banyak dipakai untuk pengendaraan sehari-hari.

Model ini hanya dipasarkan di California saja.Kelahirannya ditandai saat Akio Toyoda CEO Toyota dan Elon Musk CEO Tesla mengumumkan kerjasama kedua perusahaan di California Mei 2010. Karena Toyota akan serius di pasar mobil hydrogen, saat ini belum ada rencana untuk menyiapkan penerus RAV4 EV.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *